KURIKULUM
A. Pengertian
Kurikulum
Curriculum
bahasa
Yunani Kuno, yaitu ‘Curir’ artinya
pelari, dan ‘Curere’ artinya
‘tempat berpacu’.
Curriculum
diartikan jarak yang
harus ditempuh oleh pelari. Kurikulum
dalam pendidikan diartikan sebagai sejumlah mata
pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan
anak didik untuk memperoleh ijazah.
B. Pengertian Kurikulum Menurut Para
Ahli :
1.
M. Skilbeck (1984) :
The learning
experiences of students, in so far as they are expressed or anticipated in
goals and objectivies, plans and designs for learning and implementation of
these plans and design in school environments. (Pengalaman-pengalaman murid yang diekspresikan dalam cita-cita dan
tujuan-tujuan, rencana-rencana dan desain-desain untuk belajar dan implementasi
dari rencana-rencana dan desain-desain tersebut dalam kegiatanbelajar di lingkungan sekolah).
2. Grayson
(1978) menjelaskan
:
Kurikulum, suatu perencanaan untuk men-dapatkan keluaran (out-comes) yang
diharap-kan
dari suatu pembelajaran disusun secara terstruktur untuk suatu bidang studi,
sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi
pembelajaran (Materi di dalam kurikulum harus diorganisasi-kan dengan baik agar sasaran (goals)
dan tujuan (objectives) pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
3. Donald
F. Gey (1960) rumusan kurikulum :
- Kurikulum
terdiri atas sejumlah bahan pelajaran yang logis,
- Kurikulum
terdiri atas pengalaman belajar yang
direncanakan untuk membawa perubahan perilaku anak,
- Kurikulum
merupakan desain kelompok sosial
untuk menjadi pengalaman belajar anak di sekolah,
- Kurikulum
terdiri atas semua pengalaman anak yg mereka lakukan di bawah bimbingan
belajar.
4. Galen
Saylor &
William M. Alexander :
Buku
Curriculum Planning for Better Teaching on Learning (1956), menjelaskan
: kurikulum adalah segala
usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar, apakah dalam ruang kelas, di
halaman sekolah, atau di luar sekolah termasuk sebagai kurikulum. Kurikulum meliputi juga
apa yang disebut kegiatan ekstra kulikuler.
5. Hamid
Hasan (1988), Kurikulum
ditinjau 4
dimensi :
a. Kurikulum sebagai suatu ide; yg
dihasilkan melalui teori-teori &
penelitian, khususnya bidang kurikulum dan pendidikan.
b. Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis,
sbg perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; didalamnya memuat tentang
tujuan, bahan, kegiatan, alat-alat, dan waktu.
c. Kurikulum sebagai suatu kegiatan, yang
merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; dalam
bentuk praktek pembelajaran.
Kurikulum sebagai suatu hasil yang
merupakan konsekuensi
dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, dalam bentuk ketercapaian tujuan
kurikulum yakni tercapainya perubahan perilaku atau kemampuan tertentu dari
para peserta didik.
6. Purwadi
(2003) mengemukakan
:
Makna
kurikulum dibagi menjadi
6 bagian :
1) Kurikulum sebagai ide;
2) Kurikulum formal berupa dokumen sebagai
pedoman dan panduan dalam melaksana-kan
kurikulum;
3) Kurikulum menurut persepsi pengajar;
4) Kurikulum operasional yang dilaksanakan
oleh pengajar di kelas;
5) Kurikulum experience yakni
kurikulum yang dialami oleh peserta didik; dan
6) Kurikulum yang diperoleh dari penerapan
kurikulum.
7. Menurut
Nasution (1999)
:
Kurikulum, yaitu rencana yang disusun untuk
melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab
sekolah/lembaga
pendidikan mencakup seluruh aspek kognitif (pengetahuan), afektif
(sikap), psikomotorik (keterampilan)
dan
behavior (tingkah laku).
8. UU
RI No.
20 Thn 2003
tentang Sistem Pendidikan
Nasional Pasal 1 ayat 19 :
- Kurikulum adalah seperangkat rencana mencakup tujuan, isi, tambahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
- Kurikulum adalah program pendidikan berisikan
berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancang
secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman
dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk
mencapi tujuan pendidikan.
- Kurikulum adalah program dan pengalaman belajar
serta hasil belajar yang diformulasi-kan
melalui pengetahuan dan kegiatan yang tersusun sistematis, diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah
untuk membantu pertumbuhan atau perkembang-an pribadi dan kompetensi sosial anak didik.
Tugas ini disusun untuk memenuhi :
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar