Kamis, 14 Mei 2015

Kurikulum



KURIKULUM
A.    Pengertian Kurikulum
        Curriculum  bahasa Yunani Kuno, yaitu Curir artinya pelari, dan Curere artinya tempat berpacu.
Curriculum diartikan jarak yang harus ditempuh oleh pelari. Kurikulum dalam pendidikan diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan anak didik untuk memperoleh ijazah.
B.     Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli :
1.      M. Skilbeck (1984) :
        The learning experiences of students, in so far as they are expressed or anticipated in goals and objectivies, plans and designs for learning and implementation of these plans and design in school environments. (Pengalaman-pengalaman murid yang diekspresikan dalam cita-cita dan tujuan-tujuan, rencana-rencana dan desain-desain untuk belajar dan implementasi dari rencana-rencana dan desain-desain tersebut dalam kegiatanbelajar di lingkungan sekolah).
2.      Grayson (1978)  menjelaskan :
         Kurikulum, suatu perencanaan untuk men-dapatkan keluaran (out-comes) yang diharap-kan dari suatu pembelajaran disusun secara terstruktur untuk suatu bidang studi, sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaran (Materi di dalam kurikulum harus diorganisasi-kan dengan baik agar sasaran (goals) dan tujuan (objectives) pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
3.      Donald  F. Gey (1960)  rumusan kurikulum :
-  Kurikulum terdiri atas sejumlah bahan pelajaran yang logis,
-  Kurikulum terdiri atas pengalaman belajar yang direncanakan untuk membawa perubahan perilaku anak,
-  Kurikulum merupakan desain kelompok sosial untuk menjadi pengalaman belajar anak di sekolah,
-  Kurikulum terdiri atas semua pengalaman anak yg mereka lakukan di bawah bimbingan belajar.
4.      Galen Saylor & William M. Alexander :
         Buku Curriculum Planning for Better Teaching on Learning (1956), menjelaskan : kurikulum adalah segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar, apakah dalam ruang kelas, di halaman sekolah, atau di luar sekolah termasuk sebagai kurikulum. Kurikulum meliputi juga apa yang disebut kegiatan ekstra kulikuler.
5.      Hamid Hasan (1988), Kurikulum ditinjau 4 dimensi :
a.       Kurikulum sebagai suatu ide; yg dihasilkan melalui teori-teori & penelitian, khususnya bidang kurikulum dan pendidikan.
b.      Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, sbg perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; didalamnya memuat tentang tujuan, bahan, kegiatan, alat-alat, dan waktu.
c.       Kurikulum sebagai suatu kegiatan, yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; dalam bentuk praktek pembelajaran.
Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, dalam bentuk ketercapaian tujuan kurikulum yakni tercapainya perubahan perilaku atau kemampuan tertentu dari para peserta didik.
6.      Purwadi (2003) mengemukakan :
Makna kurikulum dibagi menjadi 6 bagian :
1)      Kurikulum sebagai ide;
2)      Kurikulum formal berupa dokumen sebagai pedoman dan panduan dalam melaksana-kan kurikulum;
3)      Kurikulum menurut persepsi pengajar;
4)      Kurikulum operasional yang dilaksanakan oleh pengajar di kelas;
5)      Kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik; dan
6)      Kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum.
7.      Menurut Nasution (1999) :
        Kurikulum, yaitu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah/lembaga pendidikan mencakup seluruh aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (keterampilan) dan behavior (tingkah laku).
8.      UU RI No. 20 Thn 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 19 :
-  Kurikulum adalah seperangkat rencana mencakup tujuan, isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
-  Kurikulum adalah program pendidikan berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancang secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapi tujuan pendidikan.
-  Kurikulum adalah program dan pengalaman belajar serta hasil belajar yang diformulasi-kan melalui pengetahuan dan kegiatan yang tersusun sistematis, diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah untuk membantu pertumbuhan atau perkembang-an pribadi dan kompetensi sosial  anak didik.


Tugas ini disusun untuk memenuhi :
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar